Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Pelabuhan Rakyat Paotere


Ketika Anda berkunjung ke Makassar, pasti Pantai Losari tidak akan terlewat di jadwal perjalanan Anda, namun tahukan Anda bahwa sekitar tiga kilometer dari Pantai Losari, terdapat sebuah pelabuhan yang sarat akan nilai sejarahnya sekaligus memiliki pemandangan yang menarik, pelabuhan tersebut bernama Pelabuhan Rakyat (Pelra) Paotere. Jadi tidak ada ruginya bahkan mungkin Anda akan merasa kunjungan di Makassar terasa lengkap.
Pelabuhan Rakyat (Pelra) Paotere yang menyibukan diri di utara Kota Makassar ini memegang peranan penting sejarah bahari Makassar pada abad ke-14. Dimana pada abad itu Kerajaan Gowa-Talo memberangkatkan sekitar 200 armada Perahu Phinisi ke Malaka untuk membantu Raja Malaka mengusir penjajah Belanda.
Namanya saja pelabuhan, pastinya Anda akan menyaksikan deretan perahu-perahu rakyat Phinisi, Lambo, kapal-kapal motor nelayan berderet manis dan bergoyang-goyang diterpa ombak laut sambil menunggu untuk berlayar ke tengah lautan. Pelabuhan ini berfungsi sebagai pusat niaga nelayan dengan adanya fasilitas Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang dibangun pemerintah setempat.
Dalam waktu dekat ini, pelabuhan ini akan menjadi pelabuhan kontainer, kendati demikian pemerintah terkait berjanji tidak akan menghilangkan ciri khas paotere, sehingga masih terus bisa dinikmati sebagai kawasan wisata bahari yang sudah dikenal sejak dahulu.
 
Source : www.indonesia.travel

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar