Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Perguruan tinggi yang ada di Makassar : Part II


29. Universitas Kristen Indonesia Paulus
Universitas Kristen Indonesia Paulus, adalah perguruan tinggi swasta di Makassar, Indonesia, yang berdiri pada tahun 1963. Rektor pada tahun 2010 adalah Prof. Dr. J. Salusu, MA.
Fakultas
Universitas Kristen Indonesia Paulus memiliki 4 fakultas, yaitu:
  1. Fakultas Ekonomi
  2. Fakultas Hukum
  3. Fakultas Pertanian
  4. Fakultas Teknik
30. Universitas Muhammadiyah Makassar
Universitas Muhammadiyah Makassar, Unismuh Makassar, adalah salahsatu perguruan tinggi Muhammadiyah yang merupakan amal usaha Muhammadiyah dalam mengembangkan pendidikan khususnya pada jenjang pendidikan tinggi.
Sejarah
Universitas Muhammadiyah Makassar didirikan oleh Pemimpin Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan dan Tenggara sebagai hasil karya Panitia Pendiri yang dibentuk pada Musyawarah Wilayah Sulawesi Selatan dan Tenggara ke 24 di Kabupaten Watan Soppeng pada tanggal 5 September 1962, dengan Fakultas Ilmu Penelitian. Pada tahun 1966 – 1967, Universitas Muhammadiyah Makassar memindahkan Pusatnya ke Makassar dengan menempati gedung Sekolah China yang pada tahun 1966.
Dalam perkembangannya, Universitas Muhammadiyah Makassar memulai pembinaannya dengan dua Fakultas yakni Fakultas Ilmu Pendidikan yang kurikulumnya mengacu IKIP (sekarang UNM), dan Fakultas Agama Islam denagn kurikulum IAIN (sekarang UIN). Kedua Fakultas tersebut membuka cabang berbagai Kabupaten di Sulawesi Selatan. Untuk cabang Fakultas Ilmu Pendidikan di Kabupaten Bone, Bulukumba, Sidrap, Enrekang, dan kotamadya Pare – pare, cabang Fakultas Tarbiyah di Kabupaten Jeneponto, Sinjai, Enrekang, Maros, dan Pangkep. Di Kotamadya Makassar, membuka Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial dan Politik. Untuk tetap bersaing di pasar kerja Unismuh Makassar menggunakan tenaga dosen Yayasan dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri. Status mahasiswa adalah pegawai negeri yang sudah bekerja dan mahasiswa murni.
Sejak berdirinya hingga saat ini, telah meluluskan alumni sebanyak 14.670 orang Sarjana, Akta, Diploma dan Pascasarjana. Sampai saat ini memiliki sejumlah 13.037 orang, dengan membina Tiga Program Pascasarjana, 6 Fakultas, 24 program studi jenjang Strata satu, Akta III & IV Serta Diploma Dua.
Fakultas dan Program Studi
  1. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
  2. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
  3. Program Studi Pendidikan Matematika
  4. Program Studi Pendidikan Sosiologi
  5. Program Studi Pendidikan Fisika
  6. Program Studi Pendidikan Seni Rupa
  7. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  1. Program Studi Manajemen Perusahaan
  2. Program Studi Akuntansi
  3. Program Studi Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan
  1. Program Studi Ilmu Pemerintahan
  2. Program Studi Administrasi Negara
  3. Program Studi Ilmu Ekonomi Sosial Pembangunan
  1. Program Studi Sosial Ekonomi Pertanian
  2. Program Studi Budidaya Perairan
  3. Program Studi Manajemen Hutan
  4. Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian
  1. Program Studi Pendidikan Agama Islam
  1. Program Studi Teknik Sipil
  2. Program Studi Teknik Elektro
  1. Program Studi Pendidikan Dokter
  1. Konsentrasi Ilmu Agama Islam
  2. Konsentrasi Manajemen Lembaga Diklat
  3. Konsentrasi Manajemen SDM
  4. Konsentrasi Manajemen Agribisnis
  5. Konsentrasi Manajemen Rumah Sakit
  6. Konsentrasi Manajemen Keuangan
  7. Administrasi Publik
  8. Pendidikan Bahasa Indonesia
31. Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar
Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar didirikan pada tanggal 23 Juni 1954 dan ditinjau dari segi usia UMI merupakan Perguruan Tinggi tertua di kawasan timur Indonesia dan sekaligus merupakan Perguruan Tinggi Swasta terbesar di kawasan timur Indonesia dan menjadi kebanggan Ummat Muslim Sulawesi Selatan serta satu-satunya PTS yang terakreditasi Institusi di Indonesia Timur. Universitas Muslim Indonesia diselenggarakan oleh masyarakat dalam bentuk Yayasan yakni Yayasan Wakaf UMI, bergerak dibidang pendidikan dan dakwah. Dalam jalur pendidikan UMI membina pendidikan akademik mulai dari strata Diploma 3, Strata satu (S.1) dan Strata dua (S.2), yang tergabung dalam 12 Fakultas, Pascasarjana dan satu Akademi, 40 Program Studi. Hingga Tahun Akademik 2009/2010 Student Body Unversitas Muslim Indonesia Makassar sekitar 15.000 orang yang didukung dengan Tenaga Pengajar penuh waktu (dosen tetap) 466 orang, DPK 106 orang dan 200 orang lebih dosen LB yang didukung oleh Pegawai Administrasi 348 orang.
Hadirnya lembaga Pendidikan Tinggi yang bernafaskan islam ini bermula dari gagasan yang mulai digulirkan pada tahun 1950-an yang dipelopori oleh K.H. Muhammad Ramly, H. Sewang Daeng Muntu, La Ode Manarta, Nasiruddin Rahmat, Sutan Muhammad Yusuf Samah, dan A. Waris sepakat mewujudkan keinginan menjadi kenyataan pada tanggal 23 Juni 1954 bertepatan dengan 22 Syawal 1373 H.
Hadirnya lembaga Pendidikan Tinggi yang bernafaskan islam ini bermula dari gagasan yang mulai digulirkan pada tahun 1950-an yang dipelopori oleh K.H. Muhammad Ramly, H. Sewang Daeng Muntu, La Ode Manarta, Nasiruddin Rahmat, Sutan Muhammad Yusuf Samah, dan A. Waris sepakat mewujudkan keinginan menjadi kenyataan pada tanggal 23 Juni 1954 bertepatan dengan 22 Syawal 1373 H.
K.H. Muhammad Ramly (Dewan Maha Guru), La Ode Munarta (Dewan Kurator), Andi Maddaremmeng (Dewan Wakaf), dan Chalid Husain (Sekretaris) menandatangani azas piagam UMI pada bulan yang sama. Hadir dalam acara penanda tanganan peresmian pendirian UMI antara lain: Andi Burhanuddin (mewakili kementrian P dan K), H. Muhammad Akib (mewakili kementrian Agama) dan K.H. Muhammad Ramly (mewakili alim ulama).
Dipilihnya nama Universitas Muslim Indonesia menurut para pendirinya karena nama itu bermakna membina ummat islam, dalam bahasa arab disebut Jamiah Tul Muslimin Indonesia yang bermakna menghimpun ummat islam sedangkan dalam bahasa Inggris Moslem University of Indonesia yang bermakna Universitas Milik Ummat Islam Indonesia.
Dalam upaya penjaminan mutu para alumninya, Universitas Muslim Indonesia menyiapkan sarana dan prasarana yang lengkap dengan status milik sendiri (wakaf) yang meliputi:
Kampus I Luas areal 11.200 m2 terletak di Jl. Kakatua No. 27 Makassar, disamping sebagai lokasi SMP, SMA SMK UMI juga ditempati kantor Yayasan Wakaf UMI dan Rektorat UMI, serta kantor Unit-Unit Usaha YW-UMI.
Kampus II Terletak di Jl. Urip Sumoharjo Km 5 dengan luas areal 140.200 m2. Pada areal kampus dua ini telah tersedia 22 gedung, 10 gedung diantaranya berlantai 4. Kampus ini menjadi pusat kegiatan pendidikan mahasiswa Universitas Muslim Indonesia yang dilengkapi sarana gedung perkuliahan, pusat laboratorium, gedung serbaguna, pasilitas olah raga, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan Mesjid yang megah.
Kampus III Merupakan gedung perkuliahan Program Pasca Sarjana (S.2 dan S.3). Gedung ini berlantai 4 full AC terletak di Jl. Urip Sumoharjo Km 4 Makassar.
Kampus IV Di Jl. Perintis Kemerdekaan Km 20 Makassas ke arah Utara ditempati sebagai pusat-pusat kajian Ilmu-Ilmu Islam. Dalam kampus seluas 7000 m2 ini terdapat asrama dan gedung pertemuan mahasiswa.
Kampus V Terletak di Daerah Padang Lampe Kabupaten Pangkajene Kepulauan dengan luas areal 292.300 m2. Sarana yang tersedia berupa gedung serba guna, asrama mahasiswa, Mesjid dan fasilitas olah raga. Kampus ini menjadi pusat pengembangan dan pencerdasan Kalbu bagi mahasiswa dan civitas akademika UMI.
Kampus VI Terletak di Jl. Pampang belakang Kampus II UMI, sebagai Asrama Mahasiswi UMI dalam bentuk Rumah Susun sewa Mahasiswa (RUSUNAWA).
Untuk merealisasikan amanah dan mencapai sasaran UMI melalui Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian pada masyarakat telah menetapkan:

Visi Menjadi Universitas sebagai Lembaga Pendidikan dan Dakwah yang terkemuka, melahirkan manusia berilmu amaliah dan beramal ilmiah dan berakhlaqul karimah, terutama yang terkait dengan pengembangan Ilmu Pegetahuan, Teknologi, Kesenian, dan Budaya dalam rangka Syiar Islam serta memperjuangkan kepentingan Ummat secara global sebagai wujud pengabdian kepada Allah Subhanahu Wa Taala.

Misi Membentuk manusia yang amaliah, beramal ilmiah dan berakhlaqul karimah yang adaptif, transformatif dan inovatif. Mengembangkan Ilmu Pengetahuan, Teknologi Kesenian, dan Budaya dalam rangka pembuktian dan pengejawantahan kebenaran Allah SWT, dan pengembangan Syariat Islam.

Tujuan Penyelenggaraan Pendidikan :
   *
     Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesional yang dapat menerapkan dan mengembangkan atau memperkaya khasanah Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Kesenian yang islami terutama setelah menyelesaikan program pemndidikannya.
   *
     Mengembangkan dan menyebarkan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Kesenian yang islami serta mengupayakan penggunaannya untuk memperkaya Kebudayaan Nasional dan meningkatkan tarap hidup masyarakat di Negara Republik Indonesia yang diridhoi oleh Allah SWT.
   *
     Meningkatkan kualitas manusia Indonesia sebagai Khalifah Allah yang beriman dan bertaqwa kepada Allah, berilmu amaliah dan beramal ilmiah, percaya diri sehat jasmani dan rohani serta mampu menempatkan dirinya dalam suatu tatanan kehidupan yang islami.
   *
     Mencerdaskan kalbu segenap mahasiswa UMI agar mampu mengembangkan potensi insaniyah, memiliki semangat yang kreatif, dan jiwa yang dinamis

Sebagai perguruan tinggi yang bernafaskan Islam, UMI tidak saja mendekati mahasiswanya dengan pencerahan akal (ilmu pengetahuan dan teknolgi), tetapi juga dibekali dengan pencerahan qalbu (iman dan taqwa), perpaduan tersebut merupakan salah satu ciri khas UMI, sebagai bagian dari komitmen para pendiri UMI. Disamping itu, proses pembelajaran di UMI dilakukan secara profesional dengan mengedepankan kualitas, sehingga luaran (sarjana) yang dihasilkan dapat memenuhi tuntutan di era globalisasi dan dapat mengantisipasi dan mengisi lapangan kerja pada berbagai sektor, dan berguna bagi bangsa, negara dan agama.
         Ini sangat dimungkinkan karena pola penyelenggaraan pendidikan menggunakan pendekatan keunggulan yang menggabungkan bentuk program akademik dan profesional yang membentuk tiga kompotensi utama, yaitu: Spiritual Intelligemce (Kecerdasan Moral), Intellectual Intelligence (Kecerdasan Intelektual) dan Functional Skill (Keterampilan Fungsional). Program keunggulan tersebut didukung oleh tenaga pengajar (dosen) sekitar 800 orang, 75% merupakan dosen tetap UMI dan umumnya telah berkualifikasi Magister (S2), Doktor (S3), dan Guru Besar. Selain itu, juga didukung tenaga administrasi sebanyak 348 orang, dilengkapi dengan 54 jenis laboratorium dan ditunjang dengan sarana perpustakaan dengan koleksi buku 71.776 eksemplar.
         Di usianya yang ke-56 di tahun 2010, universitas Muslim Indonesia telah memiliki 2 Diploma D3, 12 fakultas dengan 32 program sarjana (S1), 8 program magister (S2) dan 2 program doktor (S3). Saat ini Universitas Muslim Indonesia mempunyai sekitar 15000 mahasiswa aktif, didukung oleh lebih dari 750 orang dosen purnawaktu dan 348 Karyawan nonakademik.
         Perlu diketahui bahwa, UMI merupakan satu-satunya perguruan tinggi swasta di Kawasan Indonesia Bagian Timur telah "terakreditasi secara institusi" disamping semua program studi telah terakreditasi oleh BAN-PT, kecuali beberapa program studi yang baru dibuka dalam tiga tahun terakhir ini yaitu PGMI, Ilmu Komunikasi, Pertambangan, Keperawatan S1, Kebidanan D3 dan Akuntansi, Ilmu Ekonomi, Teknik kimia S2, serta Ilmu Ekonomi Manajemen, Ilmu Hukum S3 sedang dalam proses akreditasi oleh BAN.
         Salah satu langkah konkrit untuk menyiapkan sumber daya manusia yang siap bersaing di era globalisasi dengan berbasis IMTAQ (Iman dan Taqwa) dan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi), maka sejak tahun akademik 1999/2000 seluruh mahasiswa baru wajib mengikuti Pencerahan Qalbu, yang dipusatkan di Pesantren Mahasiswa UMI "Darul Mukhlishin" di Desa Padanglampe Kab. Pangkep Sul-Sel. Dan seluruh mahasiswa baru UMI diberikan Pelatihan Internet secara gratis.

Mengapa Memilih UMI?
         Sebagai perguruan tinggi yang bernafaskan Islam, UMI tidak saja mendekati mahasiswanya dengan pencerahan akal (ilmu pengetahuan dan teknolgi), tetapi juga dibekali dengan pencerahan qalbu (iman dan taqwa), perpaduan tersebut merupakan salah satu ciri khas UMI, sebagai bagian dari komitmen para pendiri UMI. Disamping itu, proses pembelajaran di UMI dilakukan secara profesional dengan mengedepankan kualitas, sehingga luaran (sarjana) yang dihasilkan dapat memenuhi tuntutan di era globalisasi dan dapat mengantisipasi dan mengisi lapangan kerja pada berbagai sektor, dan berguna bagi bangsa, negara dan agama.
         Ini sangat dimungkinkan karena pola penyelenggaraan pendidikan menggunakan pendekatan keunggulan yang menggabungkan bentuk program akademik dan profesional yang membentuk tiga kompotensi utama, yaitu: Spiritual Intelligemce (Kecerdasan Moral), Intellectual Intelligence (Kecerdasan Intelektual) dan Functional Skill (Keterampilan Fungsional). Program keunggulan tersebut didukung oleh tenaga pengajar (dosen) sekitar 800 orang, 75% merupakan dosen tetap UMI dan umumnya telah berkualifikasi Magister (S2), Doktor (S3), dan Guru Besar. Selain itu, juga didukung tenaga administrasi sebanyak 348 orang, dilengkapi dengan 54 jenis laboratorium dan ditunjang dengan sarana perpustakaan dengan koleksi buku 71.776 eksemplar.
         Di usianya yang ke-56 di tahun 2010, universitas Muslim Indonesia telah memiliki 2 Diploma D3, 12 fakultas dengan 32 program sarjana (S1), 8 program magister (S2) dan 2 program doktor (S3). Saat ini Universitas Muslim Indonesia mempunyai sekitar 15000 mahasiswa aktif, didukung oleh lebih dari 750 orang dosen purnawaktu dan 348 Karyawan nonakademik.
         Perlu diketahui bahwa, UMI merupakan satu-satunya perguruan tinggi swasta di Kawasan Indonesia Bagian Timur telah "terakreditasi secara institusi" disamping semua program studi telah terakreditasi oleh BAN-PT, kecuali beberapa program studi yang baru dibuka dalam tiga tahun terakhir ini yaitu PGMI, Ilmu Komunikasi, Pertambangan, Keperawatan S1, Kebidanan D3 dan Akuntansi, Ilmu Ekonomi, Teknik kimia S2, serta Ilmu Ekonomi Manajemen, Ilmu Hukum S3 sedang dalam proses akreditasi oleh BAN.
         Salah satu langkah konkrit untuk menyiapkan sumber daya manusia yang siap bersaing di era globalisasi dengan berbasis IMTAQ (Iman dan Taqwa) dan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi), maka sejak tahun akademik 1999/2000 seluruh mahasiswa baru wajib mengikuti Pencerahan Qalbu, yang dipusatkan di Pesantren Mahasiswa UMI "Darul Mukhlishin" di Desa Padanglampe Kab. Pangkep Sul-Sel. Dan seluruh mahasiswa baru UMI diberikan Pelatihan Internet secara gratis.

Sejarah Perpustakaan Utsman Bin Affan UMI.
                    Keberadaan Perpustakaan Universitas Muslim Indonesia seiring dengan kelarihan UMI pada tanggal  23 Juni 1954,  yang merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang berada di bawah Koordinator Kopertis Wilayah IX dan Kopertais Wilayah VIII;  pada saat itu belum dapat  disebut perpustakaan yang ideal bagi suatu perguruan tinggi, kerena sarana dan prasarana serta koleksi buku masih terbatas.
Pada awalnya Perpustakaan UMI berlokasi di kampus I jalan Kakatua no 27 Makassar. Keberadaan Perpustakaan UMI sudah cukup lama, tetapi baru dikelolah secara profesional dengan cara yang sangat sederhana sejak tahun 1976. Seiring dengan perkembangan UMI tentu harus dibarengi dan ditunjang dengan pengembangan Perpustakaan. Pada tanggal 23 Juni 1990, bertepatan Milad UMI ke-36, Perpustakaan pusat pindah ke-Kampus II yang berlokasi di Jalan Urip Sumoharjo Km.05 Makassar, ditandai dengan diresmikannya gedung perpustakaan yang berlantai III oleh Bapak Direktur Perguruan Tinggi Swasta yaitu Prof. DR. Yuhara Sukra, kemudian diberi nama “Perpustakaan Utsman bin Affan Universitas Muslim Indonesia”.
Pada tahun 1994 Perpustakaan UMI sudah menggunakan Sistem Komputerisasi dengan program Sipisis versi Dos. Tahun 2006 Program SIPISIS versi Dos tersebut kami tingkatkan dengan Progaram SIPISIS versi Windows, yang bertujuan untuk memudahkan pelayanan kepada pemustaka .
Visi dan Misi Perpustakaan Utsman Bin Affan UMI
☼ V i s i :
        Menjadikan Perpustakaan Utsman Bin Affan UMI sebagai pusat informasi dan dakwah dibidang IPTEK dan IMTAQ dalam usaha mewujudkan civitas academica UMI menjadi insan kamil yang berilmu amaliah dan beramal ilmiah serta mampu melaksanakan tridarma perguruan tinggi secara utuh, ikhlas dan penuh rasa pengabdian kepada Allah SWT.
☼ M i s i :
1. Menjadikan perpustakaan sabagai sumber informasi keilmuan dan keislaman untuk membentuk manusia yang berilmu amaliah, beramal ilmiah dan berakhlakul karimah yang adaftif, traspormatif dan inofatif .
2. Memberikan pelayanan informasi keilmuan dan keislaman kepada civitas academica UMI, alumni dan umat, guna menunjang usaha perluasan kesempatan belajar mengajar, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan dakwah.
3. Mengembangkan sistem dan metode perpustakaan digital dalam usaha mendukung kegiatan belajar berkelanjutan, tukar menukar informasi kesejagatan, dan pencerdasan kehidupan umat.
Fungsi Perpustakaan UMI
1. Sebagai pusat pelestarian dan penyebar-luasan Ilmu pengetahuan yang Islami untuk meningkatkan kualitas manusia sebagai khalifah Allah yang berIman dan bertaqwah.
2. Sebagai pusat belajar, pengajaran dan penelitian.
3. Sebagai pusat penyebaran informasi.
Tugas Perpustakaan UMI
Untuk menunjang kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi, Perpustakaan Utsman Bin Affan UMI mempunyai tugas pokok sebagai berikut:
    1. Mengelolah, mengembangkan dan  menyediakan koleksi bahan pustaka sesuai perkembangan, baik menurut kebutuhan pengajaran, penelitian maupun dakwah.
    2. Menginfomasikan bahan pustaka secara intensif.
    3. Memberi pelayanan kepada  pemustaka dan menyediakan fasilitas perpustakaan.
    4. Memelihara dan mengawetkan bahan pustaka.
    5. Memproduksi sumber infomasi sekunder.
    6. Meneliti kebutuhan para pemakai.
    7. Menyelenggarakan bimbingan kepada Pemustaka & Pustakawan.
FAKULTAS YANG ADA DI UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA ( UMI ) MAKASSAR
Eksakta                                                                                   Non Eksakta
- Fakultas Teknik                                                                    -Fakultas Agama Islam
    Teknik Sipil                                                                        Ushuluddin
    Teknik Mesin                                                                      Syari'ah
    Teknik Elektro                                                                    Tarbiyah
    Teknik Arsitektur                                                               -Fakultas Ekonomi
-Fakultas Kedokteran                                                             Studi Pembangunan
    Ilmu kedokteran                                                                                Manajemen
-Fakultas Pertanian                                                                 Akuntansi
    Ilmu Tanah                                                                        - Fakultas Hukum
    Budidaya Tanaman                                                            Ilmu Hukum
    Sosial Pertanian                                                                 - Fakultas Sastra
-Fak. Perikanan & Kelautan                                                   Sastra Inggris

    Budidaya Perairan                                                                Sastra Indonesia
    Sumberdaya Perikanan                                                         Sastra Arab
    Ilmu Kelautan                                                                       Komunika
 -Fak. Teknologi Industri                                                         Akademi Bahasa Asing
    Teknik Industri
    Teknik Kimia
    Teknik Pertambangan
 -Fakultas Ilmu Komputer
    Teknik Informatika
    Sistem Informasi
 -Fak. Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan Masyarakat
    Keperawatan
    Kebidanan
 -Fakultas Farmasi

Program PascaSarjana
 PascaSarjana UMI
    Magister Manajemen
    Magister Ilmu Hukum
    Magister Pengkajian Islam
    Magister Akuntansi
    Magister Teknik Kimia
    Magister Teknik Sipil
    Magister Agroteknologi
        hampir semua jurusan yang ada di UMI terakreditasi, dan ada sebagian masiah dalam proses akreditasi.

32. Universitas Negeri Makassar
Universitas Negeri Makassar, disingkat UNM, adalah perguruan tinggi negeri di Makassar, Indonesia, yang berdiri pada 1 Januari 1964. Rektor pada tahun 2006 adalah Prof. Dr. H. M. Idris Arief, MS. dan selanjutnya Prof. Dr. H. Arismunandar, M.Pd. (2008 - 2012).

Sejarah

1 Agustus 1961 s.d. 31 Agustus 1964, berstatus Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Hasanuddin, berdasarkan SK Menteri PTIP No. 30 Tahun 1964 Tanggal 1 Agustus 1961. 1 September 1964 s.d. Januari 1965 berstatus IKIP Yogyakarta cabang Makassar, berdasarkan SK Menteri PTIP No. 154 Tahun 1965 Tanggal 1 September 1965. 5 Januari s.d. 3 Agustus 1999, berstatus mandiri dengan nama IKIP Makassar, berdasarkan SK Presiden Republik Indonesia No. 272 Tahun 1965 tanggal 5 Januari 1965. Pada fase ini, sejak 1 April 1972, IKIP Makassar berubah menjadi IKIP Ujungpandang dengan mengikuti perubahan nama Kotamadya Makassar menjadi Kotamadya Ujungpandang.

4 Agustus 1999 sampai sekarang berstatus Universitas dengan nama Universitas Negeri Makassar (UNM) berdasarkan SK Presiden Republik Indonesia No. 93 Tahun 1999 tanggal 4 Agustus 1999. Sampai pertengahan tahun 2011, jumlah prodi D3 9 sebanyak prodi S1 sebanyak 58, prodi S2 sebanyak 12 sebanyak dan prodi S3 sebanyak 5.
Fakultas
Universitas Negeri Makassar, memiliki 9 Fakultas yaitu :
  1. Fakultas MIPA
  2. Fakultas Teknik
  3. Fakultas Ilmu Keolahragaan
  4. Fakultas Ilmu Pendidikan
  5. Fakultas Ilmu Sosial
  6. Fakultas Bahasa
  7. Fakultas Psikologi
  8. Fakultas Ekonomi
  9. Fakultas Seni & Desain
Rektor
  1. Prof. Arnold Mononoetoe (1961)
  2. Prof. Idrak Yasin. MA (1965)
  3. Mayjen A.A Rivai (1965)
  4. Prof. Edy Agussalim Mokodompit. MA (1965 - 1974)
  5. Drs Abdul Karim (1974 -1982)
  6. Prof. Dr. Paturungi Parawansa (1982 - 1990)
  7. Prof. Dr. Syahruddin Kaseng (1990 - 1999)
  8. Prof. Dr. M. Idris Arief. MS (1999 - 2007)
  9. Prof. Dr. Arismunandar. M.Pd (2008 - Sekarang)
Kampus
  1. Kampus I Gunung Sari (Kota Makassar)
  2. Kampus II Parang Tambung (Kota Makassar)
  3. Kampus III Banta - Bantaeng (Kota Makassar)
  4. Kampus IV Tidung (Kota Makassar)
  5. Kampus PGSD (Kabupaten Bone)
  6. Kampus PGSD (Kota Pare - pare)
Organisasi Kemahasiswaan
Organisasi kemahasiswaan terdiri atas organisasi intra dan organisasi ekstra Universitas. Berikut Organisasi Intra Universitas yang ada di Universitas Negeri Makassar
  • MAPERWA
Maperwa merupakan singkatan dari "Majelis Permusyawaratan Mahasiswa" adalah organisasi kemahasiswaan yamg merupakan perwakilan mahasiswa, menanmpung dan menyalurkan aspirasi mahasiswa , melaui Penetapan garis besar program kerja (GBPK) yang dilaksanakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Maperwa terdapat pada tingkat Universitas.
  • BEM
Badan Eksekutif Mahasiswa adalah lembaga perwakilan mahasiswa untuk menjabarkan dan melaksanakan GBPK dalam bentuk program kerja sesuai dengan yang ditetapkan oleh Maperwa.
  • UKM
Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) adalah satuan organisasi kemahasiswaan yang berfungsi menampung dan melaksanakan kegiatan sesuai dengan bakat dan kegemaran mahasiswa masing - masing di tingkat Universitas
  • HMJ
Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) adalah organisasi kemahasiswaan yang merupakan badan pelaksana pengembangan penalaran dan keilmuan mahasiswa ditingkat Jurusan.
  • HMPS
Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) adalah organisasi kemahasiswaan yang merupakan badan pelaksana pengembangan penalaran dan keilmuan mahasiswa ditingkat Program studi.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar